Kampus Asing Berdiri di Indonesia, Perguruan Tinggi Tidak Perlu Cemas

International School

International School Jakarta – Langkah hal yang demikian, lanjut ia, juga komponen dari arah menuju masyarakat yang berpengetahuan. Untuk itu, perguruan tinggi asing yang diperbolehkan haruslah kampus yang berbasis riset yang mengisi tempat-tempat perbatasan yang sumber energinya belum teroptimalkan.

Perguruan tinggi asing, tambah ia, seharusnya berinvestasi untuk penemuan, pengetahuan serta mengajak perguruan tinggi lokal dan nasional. “Jadi jangan sekedar, mencari mahasiswa sarjana. Seluruh itu seharusnya dalam koridor masa depan dengan kian terbukanya dunia dengan industri 4.0,” tambah ia.

Disinggung mengenai sikap Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) yang menolak agenda hal yang demikian, Asep minta supaya sistem melihatnya jangan terlalu sempit sebab masuknya perguruan tinggi asing untuk kebutuhan nasional.

“Perguruan tinggi asing yang dibiarkan buka, sebaiknya macam universitas riset Oxford, Cambridge, Harvard, dan Massachusetts Institute of Technology (MIT),” rekomendasi ia.

Rektor Universitas Al Azhar Jakarta itu menerangkan bahwa agenda Kemristekdikti dalam menjawab Revolusi 4.0 memang seharusnya semacam itu seandainya masyarakat tak mau menjadi penonton perubahan.

Semua format teknologi isu dengan beraneka variasinya seperti big data, cloud computing, dunia maya of things, artificial intelligent, dan lain-lainnya, telah menjadi pengetahuan dasar para sarjana Indonesia.

Kecuali itu, tentunya kecakapan komunikasi beraneka bahasa, bagus verbal ataupun artikel. itu seharusnya disiapkan secara bagus di kalangan universitas dengan perubahan pola pelajaran yang pantas dengan zaman kini,” tuturnya. Sehingga para dosen seharusnya merubah pola pikir dan terbuka dengan input-input baru. Termasuk pola ujiannya malah telah perlu diubah dari sekadar oreintasi mandiri dan kognitif ke kolaborasi dan kreatif.

“Teknologi akan banyak gunanya jikalau mahasiswa terbiasa dengan kerja sama, mencari opsi solusi, memanfaatkan beraneka sumber energi belajar, malahan dari kampus-kampus asing. Jadi perguruan tinggi asing bukan ancaman melainkan untuk meningkatkan mutu pengajaran tinggi kita,” papar Asep. – International School In Jakarta

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *